Rabu, 01 Juni 2022

Jenis Buah Salak, Cita Rasa & Bentuknya Beragam!

Bagi masyarakat Indonesia tentu kata butir salak telah sangat familiar pada telinga ya. Hal ini mengingat salak memang menjadi varian butir yg cukup digemari & gampang buat dijumpai. Buah yg memiliki kulit sedikit kasar ini memang tidak ayal sebagai kegemaran bagi beberapa orang karena cita cita rasanya yg manis segar.

Tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata salak memiliki varian yang jauh lebih majemuk dengan karakteristik yang berbeda-beda? 

Untuk kamu yg gemar mengonsumsi salak, lebih baik kamu mulai mengenal beberapa jenis salak yg mungkin dapat engkaucicipi pada kemudian hari. Berikut lima daftarnya!1. Salak pondoh

Jenis salak ini mampu adalah varian yang paling sering ditemukan pada mana-mana. Salak pondoh memang mempunyai cita rasa dominan cantik bila dibandingkan dengan rasa sepatnya.

Buah tropis ini jua memiliki jenisnya masing-masing yg masih acapkali dibudi dayakan, sebut saja misalnya jenis salak pondoh merah, pondoh hitam, pondoh super, dan pondoh kuning. 2. Salak madu

Seperti namanya, mungkin kamu sudah menebak bahwa jenis salak yg satu ini memang mempunyai cita rasa yang cantik saat dikonsumsi. Memang sahih, bahkan rasa cantik pada salak madu lebih mayoritas apabila dibandingkan dengan salak jenis pondoh. Dari segi ukuran pun, jenis salak madu jauh lebih akbar dengan warna kulit yang lebih jelas.

Jenis Buah Salak, Cita Rasa & Bentuknya Beragam!

Jenis Buah Salak, Cita Rasa & Bentuknya Beragam!


Jenis salak yg satu ini mungkin bisa dikatakan masih kalah terkenal dalam urusan persaingan pasar menggunakan salak pondoh. Padahal justru buahnya tak mengecewakan, lho.

Salak gading memiliki karakteristik yang relatif mudah dikenali menggunakan warna kulit yang dapat dikatakan jauh lebih belia sebagai akibatnya tidak begitu tampak cokelat tua.

Tak cukup sampai di situ, daging buah menurut salak gading ini jua tebal dengan cita rasa yg manis khas, tidak sama menggunakan varian salak lainnya. Namun, bisa dikatakan bahwa salak gading memang terasa lebih sedikit sepat & asam dibandingkan salak jenis lain.4. Salak sidempuan

Salak yg satu ini bisa dikatakan menjadi salak paling tidak sinkron jika dilihat menurut karakteristik fisiknya. Memang untuk segi berukuran, salak ini lebih besardibandingkan jenis salak lainnya dengan rona kulit cokelat gelap kekuningan. Tetapi, hal yang paling utama terdapat dalam daging buahnya yang tebal, berserat halus, dan memiliki warna merah.

Tak perlu ragu soal rasa, salak sidempuan ini jua bercita rasa anggun menggunakan gugusan sedikit asam. lima. Salak gula pasir

Salak gula pasir adalah varian salak yang asal menurut Daratan Bali dan acapkali sebagai sang-oleh yg acapkali diburu sang para pelancong. Salak ini memang bisa dikatakan mempunyai ukuran yg lebih mungil ketimbang salak jenis lain, akan tetapi urusan rasa justru nir mengecewakan.

Salak gula pasir memiliki cita rasa secara umum dikuasai cantik menggunakan daging butir yang tidak terlalu tebal dan kandungan air yang relatif tinggi. Masyarakat lokal jua acapkali memasak salak jenis ini melalui teknik fermentasi sebagai wine salak. 

Nah, beberapa jenis salak pada atas semoga dapat menjadi keterangan menarik untukmu agar semakin mengenal aneka macam varian salak yg terdapat pada Indonesia. Mana salak favoritmu?