Minggu, 10 April 2022

Jenis-jenis Mangga Yang Terdapat Pada Indonesia, Si Raja Butir Yang Cantik & Menyegarkan

Mangga merupakan buah yg generik ditemui pada Indonesia. Mangga merupakan butir yg termasuk ke dalam marga Mangifera & suku Anacardiaceae, yang terdiri berdasarkan 35 – 50 varietas. Awalnya flora mangga ini dari dari lebih kurang perbatasan India menggunakan Burma.

Bentuk & berukuran buah mangga bhineka tergantung pada jenisnya. Ada yg berbentuk bulat, oval, & lonjong. Umumnya, panjang butir mangga sekitar10 cm, tetapi ada pula jenis-jenis mangga yang panjangnya sanggup mencapai 25 cm.

Daging buah ini berwarna kuning, bertekstur lembut, mempunyai banyak kandungan air, dan mempunyai aroma yg harum. Di dalam buahnya, terdapat biji berwarna putih, berbentuk gepeng, & seperti berkayu.

Di beberapa negara Asia, mangga memiliki nilai budaya yang tinggi. Di Filipina, butir ini sebagai simbol nasional. Dalam kitabkudus Weda milik agama Hindu, mangga dianggap sebagai “hidangan para ilahi”. Mangga pula menjadi buah nasional pada India & Pakistan. Sementara di Bangladesh pohon mangga merupakan pohon nasional.

Di Indonesia, masih ada banyak jenis-jenis mangga. Jenis mangga tadi jua telah dibudidayakan dan menjadi mangga lokal. Beberapa jenis-jenis mangga ini akan kami sajikan pada artikel kali ini.

Jenis-jenis mangga yang pertama merupakan mangga golek. Nama golek dari mangga ini dari berdasarkan bahasa Jawa yang ialah mencari. Bukan lantaran jenis mangga ini sulit dicari, namun lantaran rasa enak yg dimiliki mangga ini membuat orang akan terus mencarinya.

Memiliki karakteristik khas pada mana bentuknya yang berupa lonjong memanjang, mangga golek mulai dikembangkan di Probolinggo & Pasuruan, Jawa Timur. Saat matang daging dari butir ini tebal lunak & berwarna jingga. Selain itu, mangga golek jua memiliki kadar air yang cukup tinggi waktu kelewat matang. Untuk cita rasanya, telah pasti sangat anggun.

Jenis-jenis Mangga Yang Terdapat Pada Indonesia, Si Raja Butir Yang Cantik & Menyegarkan 

Jenis-jenis Mangga Yang Terdapat Pada Indonesia, Si Raja Butir Yang Cantik & Menyegarkan

Mangga Alpokat

Jenis-jenis mangga yg ke 2 yaitu mangga alpokat. Meski jenis mangga yang satu ini tergolong verietas baru, namun, popularitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Mangga ini pula memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki mangga jenis lain.

Dinamai mangga alpokat lantaran cara mengonsumsi jenis mangga ini sama misalnya cara memakan butir alpokat. Mangga dibelah pada bagian tengahnya, seperti misalnya alpokat, dan lalu makan buahnya menggunakan cara menyendok daging buahnya misalnya waktu Anda makan butir alpokat.

Buah ini sudah banyak dikembangkan di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Dan perlu diketahui bahwa jenis mangga ini adalah persilangan dari mangga gadung & mangga madu yang membuatnya mempunyai cita rasa yg lezat.


Mangga Harumanis

Jenis-jenis mangga yg ketiga merupakan mangga harumanis. Sesuai namanya, jenis mangga ini manis dan beraroma harum. Mangga ini juga dikenal dengan sebutan mangga gadung dan poly ditemui pada daerah Probolinggo, Jawa Timur.

Mangga harumanis mempunyai bentuk yang lonjong menggunakan ujungnya yang meruncing. Tekstur menurut daging buahnya lembut dan empuk. Saat masih muda mangga ini berasa masam, namun saat sudah matang rasa manis & aromanya yang harum bisa menggugah kesukaan.


Mangga Manalagi

Jenis-jenis mangga yang keempat yaitu mangga manalagi. Dinamakan mangga manalagi karena rasa cantik & lezatnya akan menciptakan orang yg menyantapnya merasa ketagihan buat mencobanya lagi.

Buah mangga ini memiliki daging yang berwarna kuning belia yg cukup padat, tebal, & kaya serat. Bentuknya cenderung bundardan tampak lebih kecil dari jenis mangga lainnya. Saat masih mengkal rasa mangga ini sudah terasa manis & harum. Ketika sahih-sahih matang dagingnya akan menjadi lebih gelap dan rasanya akan sangat anggun.

Kulit dalam mangga ini berwarna hijau waktu masih muda, & kemudian berubah sebagai hijau gelap ketika matang. Ciri khusus lainnya menurut mangga ini merupakan bintik putih yang terdapat pada kulitnya.


Mangga Gedong Gincu

Jenis-jenis mangga yg kelima merupakan mangga gedong gincu. Penamaan mangga ini lantaran konon mangga ini kerap dikonsumsi sang para bangsawan Belanda yang mempunyai rumah gedongan. Mangga ini poly dikembangkan di daerah Cirebon, Indramayu, & Majalengka.

Kulit berdasarkan buah mangga ini berwarna kuning kemerahan. Ukurannya cenderung lebih kecil & bundarberdasarkan mangga lainnya. Daging buahnya berwarna jingga, padat, manis, dan kaya akan serat ketika telah matang.


Mangga Indramayu

Jenis-jenis mangga yang selanjutnya yaitu mangga indramayu. Seperti namanya, jenis mangga yang satu ini dikembangkan pada daerah Indramayu, Jawa Barat. Mangga ini pula sudah terkenal pada Indonesia, dan jua dikenal menggunakan sebutan mangga cengkir.

Ukuran mangga ini cukup besarmenggunakan daging buah yang tebal & kaya serat, dan mempunyai aroma yang spesial. Tak misalnya mangga lainnya, tekstur mangga ini cenderung tak begitu berair dan tebal. Rasanya sendiri juga sudah pasti anggun dan begitu spesial.

Jenis-jenis mangga yg berikutnya yaitu mangga madu. Bentuk mangga madu sepintas seperti dengan mangga harumanis. Namun, yg membedakan adalah warna kulit yang dimilikinya, yaitu berwarna kuning cerah ketika matang. Rasanya yang anggun membuatnya disetarakan dengan rasa madu.


Mangga Garifta Merah

Mangga Garfita Merah merupakan mangga lokal yg berasal menurut Pasuruan, Jawa Timur. Secara fisik, buah mangga garfita merah mempunyai kulit butir yang warnanya merupakan gugusan antara warna merah, kuning, & hijau yang menciptakan sebuah gradasi. Bentuknya sedikit oval dengan panjang lebih kurang 14 – 17 cm menggunakan ujung buahnya membangun paruh.

Selain mempunyai warna yang unik, rasa yang ada dalam mangga ini pula sangat cantik & menyegarkan. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan, mempunyai tekstur yg lunak, dan sedikit berserat menggunakan aroma spesialbuah mangga yang sangat tajam.


Mangga Lalijiwo

Jenis mangga yang terakhir adalah mangga lalijiwo. Pohon berdasarkan jenis mangga ini bisa mencapai ketinggian kurang lebih 8 m dengan lebar tajuk mencapai 9 meter. Daunnya relatif lebat, cabangnya poly, dan butir setiap pohon pula banyak.

Buah mangganya sendiri memiliki berukuran yg tidak terlalu akbar, yg mana beratnya hanya berkisar 20 gr. Bentuk buahnya cenderung membulat pada bagian ujungnya, menggunakan panjang 7 centimeter, berparuh dan berlekuk sedikit. Ketika sudah matang daging butir akan berwarna kuning tua dengan rasa yg manis.